Cara Berhenti Merokok


Bagaimana cara berhenti merokok yang paling mudah dan efisien? Pertanyaan tersebut seringkali muncul di masyarakat Indonesia. Tentu saja, karena di masyarakat Indonesia, cukup banyak perokok aktif yang ingin berhenti dari merokok, akan tetapi tidak mengetahui caranya. Kerabat terdekat atau sahabat dari para perokok pun tentu bertanya-tanya, bagaimana cara berhenti merokok yang mudah? Sebenarnya cara berhenti merokok tidak terlalu sulit, asalkan perokok tersebut memiliki tekad yang bulat untuk berhenti merokok dan mengetahui beberapa tips simpel tentu saja akan sangat membantu proses tersebut.

Bahaya dari merokok tentu saja sudah diketahui oleh banyak orang. Begitu banyak iklan yang beredar di masyarakat kita memperingatkan tentang bahaya dari merokok. Akan tetapi, dalam tulisan ini tidak akan dibahas bahaya dari merokok. Alangkah baiknya jika kita mengetahui keuntungan yang didapatkan dari berhenti merokok terlebih dahulu. Sebagai contoh, saat kita berhenti merokok, orang-orang akan lebih nyaman berada di sekitar kita. Relasi kita dengan orang-orang di sekitar kita akan lebih baik. Kita tidak lagi merugikan orang-orang di sekitar kita, baik itu pasangan (suami atau istri), sahabat, rekan kerja, atau mungkin anak kita dari bau dan racun yang terkandung dalam asap rokok. Selain itu, kita dapat lebih menikmati rasa dan aroma makanan, berolahraga dengan lebih segar dan leluasa, dan memiliki baju bahkan rumah yang fresh, yang terbebas dari bau asap rokok.

Cara Berhenti Merokok: bagaimana memulainya?

Langkah pertama dari cara berhenti merokok dimulai dari niat. Hal ini tentu saja sudah diketahui oleh banyak orang. Tekad dan niat, hal tersebut sudah seringkali disebutkan oleh banyak orang. Akan tetapi, mengapa masih banyak orang yang belum berhasil berhenti merokok? Karena tekad dan niat yang ada, harus benar-benar berasal dari diri kita sendiri. Sebagai contoh, misal kita ingin berhenti merokok demi orang-orang yang kita cintai. Tekad yang kita tanamkan adalah, kita ingin berhenti merokok karena kita mencintai mereka dan kita tidak ingin orang yang kita cintai mendapatkan efek buruk dari asap rokok yang kita hasilkan, bukan karena mereka mencintai kita sehingga kita harus berhenti merokok.

Selanjutnya, kita perlu mengetahui mengapa kita mulai merokok. Hal ini akan sangat membantu kita dalam menerapkan cara-cara berhenti merokok berikutnya. Apakah kita benar-benar minikmati rokok? Kapan saja kita menikmati merokok? Misal kita menikmati rokok saat minum kopi di pagi hari, maka alangkah baiknya jika kita mengurangi mengonsumsi kopi di pagi hari. Hal-hal simpel seperti itu akan sangat membantu kita dalam menerapkan cara berhenti merokok.

Cara Berhenti Merokok: Hal paling penting yang perlu diketahui

Hal paling penting yang harus diketahui dalam menerapkan cara berhenti merokok adalah asupan nikotin yang dibutuhkan dalam tubuh kita. Nikotin yang masuk ke dalam tubuh kita adalah faktor utama yang menyebabkan kita kecanduan oleh produk yang bernama rokok. Nikotin sendiri sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh kita asalkan kita tidak menkonsumsinya secara berlebihan. Sayangnya, dalam rokok terdapat tar dan lebih dari 4000 racun lainnya yang ikut masuk ke dalam tubuh kita. Lalu bagaimana cara berhenti merokok dengan tetap menjaga asupan nikotin yang masuk ke dalam tubuh kita?

Jika kita merokok menggunakan rokok dengan kadar nikotin yang tinggi, kita bisa memulai dengan mengurangi kadar nikotin yang masuk ke dalam tubuh kita dengan cara beralih ke rokok yang memiliki kadar nikotin yang rendah. Dengan mengurangi kadar nikotin dari tubuh, maka tubuh kita tidak akan terlalu kaget karena kehilangan asupan nikotin sama sekali. Saat pertama kali beralih ke kadar nikotin yang rendah, merokok akan terasa seperti menghisap udara saja. Tidak akan terasa seperti merokok. Akan tetapi setelah satu atau dua minggu, tubuh kita akan mulai menyesuaikan diri dengan asupan nikotin dari rokok tersebut.

Jika kita sudah merokok menggunakan rokok dengan kadar nikotin yang rendah, maka kita bisa mengurangi jumlah rokok yang kita hisap secara bertahap. Cara berhenti merokok seperti ini terbukti cukup ampuh dan dilakukan oleh banyak orang. Sedikit demi sedikit, tubuh kita akan menyesuaikan kadar nikotin yang masuk ke dalam tubuh kita, sehingga pada saatnya kita berhenti total dari merokok, kita tidak akan terlalu menderita karena kekurangan asupan nikotin.

Cara Berhenti Merokok: hal kecil lain yang perlu dilakukan

Selain hal diatas, cara berhenti merokok juga dapat dilengkapi dengan trik-trik simpel lainnya. Salah satunya adalah, menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mengalihkan perhatian kita. Misal saat kita istirahat makan siang, cobalah untuk mencari camilan, atau bersosialisasi dengan rekan-rekan kita yang tidak merokok. Atau mungkin waktu tersebut bisa digunakan untuk berjalan-jalan mencari kesibukan lain agar pikiran kita teralih dari merokok.

Trik cara berhenti merokok lain yang perlu dilakukan, dengan mengubah pola pikir kita. Yakinkan diri kita sendiri bahwa berhenti merokok itu tidak sesulit yang dikatakan oleh orang-orang disekitar kita. Karena otak kita sudah ditanamkan dari dulu, bahwa berhenti merokok itu sangat sulit, maka kita akan beranggapan bahwa berhenti merokok memang benar-benar sulit. Pada kenyataannya, cara berhenti merokok sebenarnya sangat simpel dan cukup mudah untuk dilakukan.

Hal simpel lainnya dari cara berhenti merokok adalah hindari minuman seperti kopi, minuman beralkohol, dan minuman-minuman manis. Hal sederhana tersebut dapat membantu kita untuk mengurangi rokok yang kita konsumsi.

Cara Berhenti Merokok: Gunakan sarana yang dapat membantu kita

Ada beberapa sarana yang dapat membantu kita dalam menerapkan cara-cara berhenti merokok. Beberapa contoh di antaranya adalah plester nikotin, permen karet bernikotin, dan yang paling populer saat ini adalah personal vaporizer. Sarana diatas sangat membantu kita dalam mengurangi nikotin yang diperlukan dalam tubuh, dan mempermudah kita dalam menerapkan cara berhenti merokok yang kita lakukan.

Personal Vaporizer dapat dikatakan sarana yang paling baik untuk menerapkan cara berhenti merokok, karena kita dapat memenuhi kebutuhan kita untuk menghisap sesuatu, dan menghasilkan “asap”. Dalam hal ini, yang dihasilkan personal vaporizer adalah uap, yang wujudnya mirip dengan asap. Kadar nikotin yang digunakan dalam personal vaporizer pun dapat kita pilih sesuai kebutuhan.

Cara Berhenti Merokok: berikan hadiah untuk diri kita

Hal simpel lainnya, namun efektif dalam menerapkan cara berhenti merokok adalah memberikan hadiah untuk diri kita sendiri jika kita berhasil melakukan progress. Hadiah yang dimaksud disini bukanlah hadiah seperti mobil baru, atau handphone baru. Hadiah yang dimaksud adalah hadiah simpel, tetapi berarti. Sebagai contoh, misal kita terbiasa merokok setelah makan siang atau makan malam. Jika kita berhasil tidak merokok selama satu atau dua jam setelah makan, maka kita memberikan hadiah pada diri kita sendiri berupa makanan pencuci mulut, seperti eskrim atau yoghurt.

Hal-hal kecil tersebut tanpa kita sadari akan sangat membantu kita dalam menerapkan cara berhenti merokok. Kita mungkin merasa hal-hal tersebut seperti sepele dan tidak penting dilakukan, akan tetapi tubuh kita sebenarnya akan merasakan dampaknya dan mempermudah kita untuk berhenti merokok. Beberapa cara berhenti merokok seperti yang disebutkan di atas dapat dilakukan mulai dari sekarang, hari ini juga, saat ini juga. Jika kita tidak memulainya sekarang, kapan lagi?

Social tagging:

13 Responses to Cara Berhenti Merokok

  1. fazar says:

    kang mau tanya saya lgi make mechanical limitless RDA tsunami battery 18650 dgan kanthl 26 5 lilitan diameter 2,5 ..
    pertanyaan apa kah aman buat pake sehari” ? dan kurang ngebul kira” biar ngebul gmn kang ?

  2. devin says:

    keren smpyan masbro..
    salut bgt. . . seorang vaporholic dgn sabarnya njawab pertnyaan nubie sperti saya..
    TOP…..
    device saya kamry X6 sma ego ce5. maaf pemula bgt saya jdi blm upgrade device. . ya masi kumpul” dlu mas.. mohon bimbingannya sya slma ini silent reader

    • blackjackadmin says:

      wahahahah santai bro gpp dong silent reader, menimba ilmu sebanyak2nya.
      iya bro kita hrs sharing supaya ga ada kejadian2 yg ga diinginkan.
      siap broo, nanti kalau sempet main kesini bro! hehehehe :D
      happy vaping!

  3. rizk says:

    Mau tanya dong kalo kamry x6 itu coilnya sama kayak evod gak kang?
    Trus kalo masalah batery vision spiner ,elgo,itaste bagus mana yaa?

    Ohya satu lagi…
    Kan ada tuh yg jual tank nya doang. Kayak mini protank1-3. Trus tanknya evod. Dll (saya kurang tau)

    • rizk says:

      Ada perbedaan nya gak yaa?kayak kelebihan dan kekurangan Masing masing?
      Soalnya. Harganya beda beda… Bingung saya

    • blackjackadmin says:

      beda bro itu coil khusus kamry x6, kalo batre sih lebih bagus vision spinner, lebih kuat, tapi cuma bisa ngatur volt, kalo itaste ga terlalu kuat bisa ngatur volt.. kalo elego cm bisa ngatur volt dan ga terlalu kuat.. hehehe

Leave a Reply

error: